Senin, 16 November 2009

Keep Talk*)


Saudara-saudara sebangsa dan setanah air

Sebelum saya lanjutkan orasi politik saya

Saya memohonkan maaf seribu maaf

Karena ada telepon masuk

Kalau kabarnya baik

Saya akan beritahukan kepada saudara-saudara

Tapi kalau kabarnya buruk

Lah mau ngomong apa?

Wong kabarnyanya buruk kok

Kalau begitu biarkan saya mengangkat telepon dulu

Sabar yaa ...

Suara Soekarno funky dari hp ku berkoar-koar berkali-kali, sebuah telepon masuk minta diangkat rupanya, ”Halooo, Assalammu’alaikum ...” Sapaku

”Wa’alaikumsalam, mba cha ini gw, bukain pintu, gw udah di depan nih.” Sebuah suara cempreng yang akrab di telinga langsung menghambur keluar dari speaker hp.

Aku berjalan menujur pintu depan, kreeeeekkk, daun pintu bergeser ke dalam, langsung menyembul sebuah wajah cantik Ana sobatku. Ku sambut dengan cengiran lebar, tapi dia tetep manyun. Hmmm ... something happen nih.

”Eh Na, ngapain sih pake nelpon segala, tinggal ketok pintu apa susahnya sih? Lagian itu muka kenapa dilipet gitu?” Tanyaku penasaran. Sambil menguntitnya masuk ke ruang keluarga. Ini sapa yang jadi tuan rumah yah? Hehehhee

”Males, terakhir gw kesini, gw udah ketok pintu n jendela tapi loe ga denger juga, gw gedor-gedor sampe tetangga loe pada ngelongok semua, loe juga ga buka-buka.” Jawabnya seraya menjatuhkan tubuh mungil di karpet, memeluk bantal dan mencomot chacha sebelum dipersilahkan ... ckckckckk ...

”Kan aku udah bilang, waktu itu aku lagi di kamar mandi. Lah aku udah jawab kok, sambil tereak ... BENTAAARRRR ... tapi loe juga ga denger kaaan?” Jawabku yang hanya di balas senyum kecut oleh Ana.

”Hmmm ... mba, gw dongkol banget tuh sama suami gw. Laki-laki itu ternyata makhluk menyebalkan yang ga berperasaan yah?” Ana memulai sesi curhatnya.

”Kenapa mangnya?” Tanyaku penasaran sambil memperbaiki posisi dudukku, supaya tahan lama n ga pegel. Soalnya si Ana kalo udah curhat suka ga liat kondisi orang hehehe

”Iyah, kemaren kan gw ke dokter gigi. Tau sendiri kan mba, gigi bungsuku yang baru nongol nih cari perkara, nyenggol gigi seniornya, jadinya gusi gw bengkak, ga bisa mangap, rasanya cenut-cenut. Gw udah ga tahan lagi, makanya gw seret dia buat temenin gw ke dokter. Tapi gw nyesel banget mba, minta temenin dia. Masa yah dia cuek banget gitu. Kan nunggu dokternya lama, gw udah gelisah aja dan nahan sakit juga. Tapi dia malah cuek gitu, ga nenangin gw. Sumpah gw kesel banget mba, dan ini udah terjadi beberapa kali. Kenapa sih laki-laki gitu ya mba? Suami loe gitu juga ga sih?” Curhat Ana panjang lebar

”Wah, sama aja Na, dulu aku pernah minta temenin dia ke RSCM buat USG fetomaternal. Aku dateng dari jam 8, eh dokternya baru nongol jam 1 siang. Nah selama masa menunggu itu, dia juga cuek bebek juga Na, beli koran setumpuk trus dibaca semua halamannya, kalau bosen dia smsan or telponan di hp. Padahal aku lagi super gelisah, gimana enggak, itu ibu-ibu yang baru keluar dari ruang periksa bawa berita-berita yang aneh-aneh Na. Ada yang keluar dengan wajah pucat, eh pas ditanya ternyata rahimnya bolong-bolong. Ada juga yang keluar sambil nangis sesenggukan, kabarnya janin yang dikandungnya itu udah mati dan harus segera di keluarkan. Ada yang di vonis kena miom, kista, n nama-nama penyakit yang asing di kupingku. Stress banget kan aku, mana terakhir kali periksa dalem bikin aku trauma, karena rasanya sakit banget. Pengen pingsan aja deh aku saat itu.” Beeuuu ... ternyata aku ga kalah hebohnya ya kalo lagi berceloteh ... hehehehe

”Ooh, jadi sama aja ya mba. Tapi gw ga suka kaya gitu mba. Pengennya kan gw ditenangin gitu, di alihkan lah perhatianku dari rasa sakit n bosan menunggu. Cerita-cerita kek, ngelawak kek, mijetin kek, kitik-kitik kek, pokoknya bikin gw nyaman lah. Itu kan fungsinya gw bawa suami buat temenin gw. Kalo cuman dicuekin mah, mendingan gw usir aja dia pulang lah, ngapain bawa-bawa dia kalo ga bisa ngibur gw.” Keluh Ana dengan termanyun-manyun karena sibuk ngunyah cha cha

”Kenapa bukan kamu yang memecahkan keheningan Na?” Tanyaku

”Apaan? Memecahkan keheningan gimana?” Dia bertanya tanda tak mengerti. Ya iyalah, kalo udah ngerti ngapain nanya .... hehehe

”Kalo tau dia cuek kaya gitu, kenapa kamu ga mulai buka percakapan, kenapa kamu ga mulai duluan berceloteh? Kamu kalo cerita ma aku suka nyerocos aja, ga kenal tempat ga kenal waktu, blom berenti sebelum kamu lega. Terus kenapa ga bisa kaya gitu ma suami mu?” Jelasku

”Eeengggg ... kenapa yah? Ga tau juga gw mba, mungkin karena gw udah illfill (ilang feeling) aja liat tampang bete nya. Jadi menguap deh napsu cerewet gw hehe.” Jawab Ana ngasal

”Naaah ini yang harus di ubah and di latih Na. Aku juga pernah curhat kaya gini sama sohibku di skul. Dia kasih aku trik buat memecahkan kebetean itu. Caranya ya itu, suka ga suka, eneg ga enek, kamu harus membiasakan berceloteh sama dia. Walaupun dia keliatan cuek, tapi sebenarnya dia menikmati celotehan kita. Dimana pun and kapan pun, kalau lagi berdua sama suami, kamu harus sediain stok cerita yang buanyak. Ceritain apa aja Na, yang terjadi di tempat kerjamu, di jalanan, di rumah, di tipi, yang kamu rasa, yang kamu liat, apa aja deh. Jangan sampe ada jeda panjang diantara kalian. Di situ syetan akan masuk membisikkan syak prasangkanya.” Terangku yang disambut Ana dengan anggukan-anggukan kecil, tandanya apa yah? Mengerti atau ngantuk ni anak ....

”Hmmm, gitu yah mba, apa emang itu sifat dasar laki-laki ya mba?” Tanya Ana lagi.

”Sepertinya begitu Na, bukan kamu aja yang ngalamin, aku, temenku, dan wanita-wanita di luar sana juga mengalami hal yang sama. Dan sekali waktu, aku lagi males ngomong, malah dia yang nagih, ada cerita apa hari ini?” Jawabku singkat dan padat sambil tersenyum sok bijak ... hehehe

”Laki-laki emang pelit banget ngomong ya mba, sok jaim ato gimana sih? Ini contoh lain ya mba. Suami gw tuh, paling males jawab sms gw mba, palingan cuman di jawab satu dua kata, misalnya ’ga tau’ udah gitu aja. Malah kadang-kadang cuman satu huruf aja ’G’ atau ’Y’. Dongkol ga tuh? Padahal gw ngiriminnya sampe 2-3 pesen, eh di jawab cuman segitu aja, kenapa ga sekalian dia cuekin aja ya sms gw ya mba, buang-buang pulsa aja.” Keluh Ana lagi

”Hahahaha, sama ja Na. Suamiku juga suka gitu. Bahkan kalo aku telpon di waktu kerja, dia jawabnya suka terburu-buru gitu, ”Ya, ada apa?” atau ”Ada yang bisa ku bantu?” atau ”Ooh, gitu, nanti aja yah.” atau ”Ini lagi sibuk. Udah yah?” Emang nyebelin banget. Tapi aku sih cuek aja, aku tetep telpon dia, maksa dia buat dengerin aku, ku keluarin deh tuh, jurus rayuan n rajukan mautku ... hahahaha. Eh giliran aku absen nelpon, dia tanya deh, kok tadi ga telpon? ... hahahha, rupanya dia menikmati juga kan di telpon sama istrinya.” Ceritaku

”Hahahahah ... berarti sama ya mba, ku pikir aku wanita paling malang sedunia karena punya suami yang cuek n ga perhatian.” Ujar Ana dengan wajah yang mulai cerah.

”Sekarang, di coba deh tips tadi yah. Mulailah memecahkan keheningan, keep talk yah. Kita, para wanita ini di karuniai sifat-sifat untuk menggoda kamu pria, gunakan itu untuk menambah kemesraan dan mempererat hubungan kalian. Jangan menunggu dia mulai duluan, kamu juga harus berani mengambil inisiatif.” Tegasku

”Thanks mba, gw dapet pencerahan kali ini. Loe emang sohib terbaik gw, luv u mba.” Ana berkata dengan mata berkaca-kaca seraya memelukku erat.

”Mba, gue laper, loe masak apa mba? Gw nyicipin dunk...” Jiaaaaaa, ni anak, udah dapet konsultasi gratis, minta makan pula .... hahaha

*) Terinspirasi oleh percakapan dengan sohibku Arlintang. Love u my sister ...

Tidak ada komentar: